Tahun 2024 ditentukan di hari senin 4 maret nanti

March 1, 2024

Raihan Rahmadian

@investekor

Hello guys, namaku Raihan atau yang sering dipanggil "tuying". Pada tanggal 1 maret ini saya ingin mencurahkan hati saya melalui tulisan ini mengenai kepastian hidup saya kedepannya. Saya adalah seorang lulusan Hubungan Internasional yang baru lulus tahun 2023 dari Universitas Diponegoro. Sebagai seorang sarjana di tahun 2024 yang mana sangat sulit untuk mendapatkan job, apalagi mahasiswa kupu-kupu kaya saya yang hanya mengikuti satu organisasi, itupun organisasi futsal, dan yang lebih mencengangkan lagi di organisasi tersebut saya sangat tidak aktif hehehe.

Ada beberapa alasan kenapa saya tidak aktif keorganisasian semasa kuliah, yaitu:

- Malas

- Trading saham

yapp gais 2 hal itulah yang membuat saya malas dalam mengikuti kegiatan organisasi. Bisa dibilang saat kuliah itu saya juga jarang nongkrong, karena introvert sih jadi ngerasa energi tuh kekuras kalo nongkrong, apalagi sama temen-temen yang ga akrab. Selain itu pas kuliah saya tuh lagi fokus-fokusnya sama saham, mulai dari trading dan investing, tapi dari dua hal tersebut apa saya berhasil dan jadi kaya? TIDAK. Saya gagal pas trading dan investing, saya pernah di titipin uang sama ortu sebesar 4 juta buat investasi, dan saya belikan saham sebuah perusahaan yang terafiliasi dengan opung Luhut, dan hasilnya apa guys? yapp saya rugi besar, dari 4jt menjadi 400rb hahaha, turun banget gila waktu itu mau dijual sayang karena fokus saya adalah investing, tapi saya diemin 3 tahun malah menggila, turunnya. ada banyak hal juga yang saya alami ketika terjun kedunia saham, yaitu saya pernah membeli saham yang waktu itu merupakan raja perusahaan tekstil, saya sudah analisa dengan benar-benar, bahwa penurunan saham tersebut tidak lain karena waktu itu pandemi COVID-19, tapi apa hasilnya, seminggu setelah saya beli saham tersebut, sahamnya kena suspend karena hutang perusahaan yang membeludak, saya beli saham tersebut ditahun 2021, sampai sekarang uang saya masih nyangkut di saham tersebut.

images/trading

Saya pernah juga trading, menurut saya trading ini yang sangat berkesan bagi saya sekaligus ujian dan pelajaran yang sangat berharga yang pernah saya alami. Tahu kenapa? saya pernah mengubah uang saya dari 3jt menjadi 17juta in ONE F*CKING MONTH!, can u imagine that? in ONE MONTH guys!, saat itu saya memang lagi pinternya ambil kesempatan pada saham yang naik, tapi saya tidak mengincar saham tersebut, melainkan saham cabangnya atau saham waran dari saham tersebut, hahaha. Karena dari waran, kita bisa mendapatkan keuntungan sampai 100% guys, sangat berbeda dengan saham induknya yang hanya 20-25% pada saat itu. Nah dari situ saya dapat melipat gandakan uang saya dari 3jt sampai 17juta. Ada berkahnya juga dari pengalaman tersebut, saya jadi rajin bersedekah, mentraktir teman, dan membeli barang yang saya butuhkan seperti kursi.

Namun kesenangan tersebut hanya sementara guys, karena apa? karena saya bodoh, saya rakus, saya ceroboh, saya terlalu cepat senang. dalam beberapa hari, uang tersebut kembali lagi menjadi 3juta, itu terjadi karena suatu saat saya masuk kedalam sebuah saham yang saat itu sudah naik 20%, pada saat saya masuk menggunakan uang 15jt, dan dari 20% tersebut dalam beberapa detik, saham tersebut menjadi -6%, at the moment, i was F*CKED UP. Yaps saham tersebut dipermainkan oleh bandar, bayangkan saya membeli 15jt, lalu mendapatkan keuntungan menjadi 17jt, dan lalu turun menjadi sekitar 11jt, dari kejadian tersebut saya panik, otak saya hanya berpikir untuk membalikkan keuntungan, yang mana hasilnya nihil dan malah semakin parah karena emosi tidak terkendali, dan diakhir uang saya menjadi 9jt. Lalu beberapa hari kedepannya fokus saya bukan mencari keuntungan lagi, tapi membalikkan kerugian, yang mana menghasilkan emosi yang buruk dan nafsu yang tinggi, sampailah pada bencana dan uang saya kembali seperti semula.

Kembali lagi ke topik, ya akhirnya saya tidak terlalu aktif di trading, hanya beberapa saat saja saya melihat saham, hingga akhirnya berhenti total dari trading saham. Fast forward, saya fokus kuliah dan mulai diisi kegiatan degan teman-teman, hingga akhirnya saya berhasil menyelesaikan skripsi saya yang sangat tidak apa itu dan saya lulus dari HI.

images/mylove

Awalnya bangga dengan kelulusan saya, karena saya gak pernah expect bakal lulus tepat waktu. Salah satu penyemangat saya tidak lain tidak bukan adalah orang tua saya dan pacar saya yang sangat cantik menggelegar yaitu Sulami Syifa.

images/wisuda

Pasca kelulusan adalah masa yang sangat aneh, merasa tidak punya skill apapun, dan dilemma dengan ketidakpastian takdir di masa depan. Sebelumnya saya sudah punya plan untuk menjadi programmer atau web developer, saya sudah belajar mengenai bidang ini sejak juni 2023, dan sampai sekarang saya masih terus belajar mengenai bidang yang tidak ada habisnya ini, namun saya selalu merasa kurang karena pengetahuan yang minim dan karena saya belajar otodidak melalui youtube dan coursera, saya merasa harus belajar lebih rajin dan keras lagi. Saya sebelumnya sudah merencanakan untuk terus belajar mengenai web development ini hingga saya mendapatkan pekerjaan menjadi web developer, namun saya hati saya merasa tidak enak karena saya dirumah merasa menjadi pengangguran dan beban orang tua. Sebenarnya impian saya adalah dapat bekerja diluar negeri, maka dari itu saya mempelajari web development karena saya melihat dari bidang inilah yang dapat membuka peluang saya untuk memulai hidup diluar negeri.

images/berkaswhv

Karena perasaan tersebut saya berpikir untuk mengikuti WHV(Work and Holiday Visa) Australia. Selama saya masih belum mampu untuk mendapatkan pekerjaan sebagai software engineer, saya harus mendapatkan uang terlebih dahulu dari pekerjaan lain maka dari itu insha Allah saya akan mencoba WHV. Semua berkas persyaratan sudah saya kumpulkan, mulai dari IELTS hingga Bank Refference. Jika saya mendapatkan tiket untuk WHV, saya akan melakukan banyak hal yang bakal terus berlanjut di masa depan.

images/sduwhv

Kenapa saya bilang masa depan saya bisa jadi ditentukan pada tanggal 4 Maret nanti? Karena pada tanggal tersebut merupakan pendaftaran untuk SDUWHV, jika saya mendapatkan tiket SDUWHV, kemungkinan besar insha Allah saya akan mendapatkan WHV jika memang Allah mengizinkan. Saya mempunyai rencana untuk stay lebih lama di Australia, saya berencana juga setelah untuk WHV akan bersekolah lagi mengambil diploma informatics yang akan mendapatkan sertifikasi sebagai software engineer. Saya berencana untuk mendapatkan PR(Permanent Resident) Australia hingga saya bisa stay disana kapanpun saya mau. so, wish me luck guys! saya sudah melalui banyak hal dan semoga kali ini Allah meridhoi. Aamiin.

Ya Allah tolong atur aja, kemarin saya atur sendiri jadinya berantakan.

© 2024 Raihan. All rights reserved.