Catatan penting dari buku Atomic habits

March 06, 2024

Raihan Rahmadian

@investekor

Perkenalan

Apakah buku "Atomic Habits" sudah familiar ditelinga kalian? atau kalian sama sekali belum mengetahui mengenai buku ini?.

Jika belum, saya akan memaparkan mengenai pelajaran dan intisari yang dapat memberikan kita energi positif melalui pikiran yang dibawa oleh buku ini. Buku Atomic Habits dulis oleh James Clear, dalam buku ini sebenarnya membahas bagaimana diri kita membangun kebiasaan atau habit yang positif dan mengubah kebiasan buruk tersebut dengan cara efektif.

Dalam buku ini, diawali dari kisah yang dialami oleh si penulis yang mengalami kecelakaan semasa kuliah saat bergabung dengan tim baseball kampus. James mengalami cedera hidung, tulang tengkorak yang retak, dan rongga matanya yang sobek.

Pada masa recovery, James mulai membangun kebiasaan positif dengan mulai berolahraga kembali, dimulai dari olahraga yang ringan tiap harinya, dan terus meningkat seiring berjalannya waktu

Pelajaran yang dapat diambil dari Atomic Habits

Ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari buku ini, yang paling terpenting adalah Forget about the goals, start focus on the system. Berikut saya ringkas apa saja yang saya pelajari dalam buku tersebut.

- Kebiasaan kecil dapat berdampak besar

Kebiasaan kecil yang kita lakukan tiap hari, dapat memberikan perubahan yang masif dalam jangka panjang. Sama halnya seperti kita melakukan olahraga, atau dalam membentuk badan. Ketika kita ingin mencapai bentuk tubuh yang aesthetic, capaian itu tidak bisa diperoleh dalam waktu yang singkat, hal itu membutuhkan bulanan, mungkin tahunan. Dan dalam prosesnya, tentu kita tidak bisa langsung memulai dengan hal yang berat, kita memulai dari hal yang kecil, hal yang termudah, seperti angkat beban yang ringan, dan harus ada peningkatan progress tiap harinya. Jika kita menerapkan hal tersebut secara konsisten, maka kita akan mendapatkan dampak yang positif terhadap tubuh kita, seperti kesehatan dan bentuk tubuh yang aesthetics.

- Fokus pada sistem, Bukan hasil akhir

Jika kita ingin mencapai hasil yang maksimal, kita juga harus fokus terhadap sistem yang kita gunakan, atau kebiasaan yang sering kita lakukan. Dalam hal ini, kebiasaan sangatlah penting, jika kita selalu melakukan kebiasaan yang buruk, maka kita harus menerima hasil yang kita dapatkan juga akan buruk. Pentingnya fokus pada sistem adalah, seperti ketika kita ingin merubah bentuk tubuh yang awalnya gemuk menjadi aesthetics, kita tidak hanya selalu fokus pada olahraga atau workout saja, tapi fokus juga terhadap asupan sehari-hari, menjaga pola makan, dan diet.

- Buatlah sistem yang mudah

Ketika kita sedang melakukan kebiasaan untuk mencapai tujuan kita, kita harus membuat kebiasaan itu menjadi lebih mudah, dan singkirkan hal-hal yang membuatnya sulit. Seperti ketika kita ingin mencapai badan yang sehat dan aesthetics, kita dihadapkan oleh 2 hal dalam mencapainya, yaitu berlangganan gym atau home workout. Jika kita orang yang introvert dan ingin menghemat atau merasa bahwa home workout adalah jalan paling mudah untuk mencapainya, maka lakukanlah home workout, Begitupun sebaliknya.

© 2024 Raihan. All rights reserved.